Kamis, 18 Maret 2021

Ekonomi Sumberdaya Pertanian anotasi pustaka

 

Tugas Ekonomi Sumberdaya Pertanian

Nama : Nabillah Salwa Azmah

Npm    : 18754024

Prodi   : Agribisnis Pangan

 

Masalah Persoalan Sumberdaya Pertanian Dan Kebijakan

 

 

NO

NAMA PENULIS

JUDUL

NAMA & TAHUN JURNAL

RUMUSAN MASALAH

TUJUAN PENELITIAN

METODE ANALISIS

KESIMPULAN

1.

Ardita, Suci hatingsih DWP , Dwi Widjanarko

Kinerja Penyuluh Pertanian Menurut Persepsi Petani: Studi Kasus di Kabupaten Landak

2017

Journal of Vocational and Career Educational 2 (1) (2017) (1-8)

Mengetahui pentingnya peran penyuluh dalam pemberdayaan sumber daya manusia(petani) &pengembangan usahatani, sehingga dengan kinerja yang tinggi seyogyanya perencanaan dan pelaksanaan program penyuluhan semakin baik.

Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis kinerja penyuluh pertanian dalam pengembanganusahatani di Kabupaten Landak dengan instrumen yang berupa penilaian petani sebagai pelaku utama pertanian dan sekaligus penerima kegiatan penyuluhan pertanian kepada penyuluh selaku pelaksana kegiatan penyuluhan pertanian yang berkaitan dengan tugas dan fungsi penyuluh

Metode penelitian yg digunakan adalah metode penelitian campuran (mix method) dengan strategi konkuren/satuwaktu (concurrent strategy).

Kinerja penyuluh pertanian dalam perannya melakukan pemberdayaan sumber daya manusia (PSM), pemindahan teknologi (PT) pertanian, dan pengetahuan dan keterampilan metode penyuluhan tergolong tinggi, dengan indikator yang menempati posisi paling tinggi diantaranya pengukuhan kegiatan sosial ekonomi, menyediakan dan menyebarkan informasi teknologi, dan metode penyuluhan kelompok/ meeting.

2.

Faisal Kasryno

perkembangan sumber daya manusia di bidang pertanian terhadap produktivitas kerja dari sektor lain

Jurnal Litbang Pertanian, 25(4), 2006

Mengetahui perkembangan sumber daya manusia di bidang pertanian terhadap produktivitas kerja dari sektor lain

perkembangan sumber daya manusia di bidang pertanian terhadap produktivitas kerja dari sektor lain

Sumber data yang digunakan bersumber dari penelitian di lapangan langsung terhadap fenomena sosial yang terjadi, baik dilakukan dengan pengamatan maupun wawancara dan penyebaran kuisioner. Teknik pengumpulan data berdasarkan hasil observasi wawancara dan dokumentasi.

Kualitas sumber daya manusia sektor pertanian sudah memperlihatkan kemajuan. Akan tetapi masih dibawah sektor ekonomi lainnya. Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia pertanian dimasa datang adalah penting untuk dapat meningkatkan kualitas manajemen usaha tani untuk dapat menghasilkan komoditas pertanian sesuai dengan perubahan selera konsumen dan berdaya saing di pasar dalam dan luar negeri.

3.

Yudhy Harini Bertham, Dwi Wahyuni Ganefianti, dan Apri Andani /

Peranan Perempuan Dalam Perekonomian Keluarga

Dengan Memanfaatkan Sumberdaya Pertanian

2017

(1) alasan-alasan perempuanmemutuskan untuk bekerja sebagai Petani. (2) pemahamanperempuan dalam pemanfaatan sumber daya pertanian. (3) seberapa besar peranan wanita dalam membantu perekonomian keluarga

(1) mengetahui alasan-alasan perempuanmemutuskan untuk bekerja sebagai Petani. (2) Mengetahui pemahamanperempuan dalam pemanfaatan sumber daya pertanian. (3) Mengetahuiseberapa besar peranan wanita dalam membantu perekonomian keluarga.

metode sensus yaitu metode pencacahan langsung dan lengkap, artinya bahwa semua individu yang menjadi anggota populasi diambil sebagai responden

Alasan-alasan perempuan memilih bekerja sebagai petani diantaranya

 

adalah dikarena keinginan membantu suami dalam menambah penghasilan keluarga yang didorong oleh faktor beban tanggungan keluarga yang juga semakin besar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumberdaya Lahan

 

 

NO

NAMA PENULIS

JUDUL

NAMA & TAHUN JURNAL

RUMUSAN MASALAH

TUJUAN PENELITIAN

METODE ANALISIS

KESIMPULAN

1.

Budi Gunawan

Pemanfaatan Sistem Informasi geografis untuk Analisa Potensi Sumber Daya Lahan Pertanian di Kabupaten Kudus

2018

Memetakan potensi lahan khususnya lahan pertanian di Kudus dengan Sistim Informasi Geografis/ penelitian ini bertujuan memetakan sumber daya lahan pertanian di Kabupaten Kudus dengan Sistim Informasi Geografi berdasarkan data citra satelit.

Mengetahui Memetakan potensi lahan khususnya lahan pertanian di Kudus dengan Sistim Informasi Geografis/ penelitian ini bertujuan memetakan sumber daya lahan pertanian di Kabupaten Kudus dengan Sistim Informasi Geografi berdasarkan data citra satelit.

data yang digunakan berupa beberpa gabungan data yang dikumpulkan dan diimplementasikan.

Klasifikasi kekritisannya, total luas kekritisan lahan selain lahan tidak kritis pada kabupaten Kudus paling besar terdiri dari lahan potensial kritis sebesar 6.311,24 ha atau 14.84% dari luas wilayah total Kabupaten Kudus, lahan agak kritis 5.633,26 Ha atau 13,25% dari luas wilayah Kabupaten Kudus.

2.

Fazriyan Wardani Adhitya Djoni Hartono dan Agni Alam Awirya

 

DETERMINAN PRODUKTIVITAS LAHAN PERTANIAN

SUBSEKTOR TANAMAN PANGAN DI INDONESIA

2015

Bagaimana faktor yang dapat mempengaruhi produktifitas lahan pertanian sub-sektor tanaman pangan di 25 provinsi di Indonesia

Bertujuan mengkaji faktor-faktor yang dapat mempengaruhi produktifitas lahan pertanian sub-sektor tanaman pangan di 25 provinsi di Indonesia, selama kurun waktu 2005-2009.

Analisis deskriptif dilakukan untuk menggambarkan produktifitas lahan pertanian sub-sektor tanaman pangan di Indonesia.

produktivitas lahan tiga wilayah terbesar berada di Provinsi Jawa Tengah termasuk DIY, Jawa Timur, Jawa Barat dengan nilai  masing-masing sebesar 24,10 juta rupiah/ha, 23,60 juta rupiah/ha, dan 22,50 juta rupiah/ha. Produktivitas lahan terendah berada di Provinsi Maluku termasuk Maluku Utara sebesar 1,7

juta rupiah/ha. Perkembangan produktivitas lahan dari tahun 2005-2009 Cenderung meningkat dgn laju pertumbuhan per tahun yang positif sebesar 2,38 persen.

3.

Fajar Januar Tri Hendrawan

Analisis dampak alih lahan pertanian menjadi kawasan perumahan terhadap pendapatan petani dusun puncel desa deket wetan lampongan

Media Komunikasi Geografi Vol. 15 Nomor 2

Perubahan lahan pertanian terhadap sosial ekonomi berupa  alihfungsi lahan pertanian menjadi kawasan perumahan dilihat dari kondisi perekonomian dan mata pencaharian baru petani desa Deket Wetan Lamongan pasaca terjainya alih fungsi lahan pertanian menjadi kawasan perumahan.

1.)Mengetahui faktor penyebab alih fungsi lahan

2.)Mengetahui  dampak alih fungsi lahan pertanian terhadap ketahanan pangan

3.)  Mengtahui cara penanganan alih fungsi lahan pertanian

deskriptif kualitatif. Penelitian ini model penyajiannya dilakukan dengan cara menggambarkan objek yang diteliti secara apa adanya dengan pernyataan- pernyataan yang bersifat kualitatif

1)Dari segi mata pencaharian ada berbagai macam pekerjaan yang ditekuni oleh petani terdampak alih fungsi lahan pertanian menjadi kawasan perumahan itu

2) dari 42 informan ada 38 informan atau 83,4 % informan mengatakan kalau pendapatanya menurun sesudah aterjadi alih fungsi lahan. Namun ada 3 informan mengatakan kalau pendapatannya cenderung stagnan atau tidak mengalami kenaikan atau penurunan.

 

tugas mpse anotasi pustaka kepuasan konsumen

 

NO

NAMA PENULIS

TAHUN

JUDUL

NAMA JURNAL

RUMUSAN MASALAH

TUJUAN PENELITIAN

METODE ANALISIS

KESIMPULAN

1

Grace Virginie Agatha, Teguh Endaryanto, Ani Suryani

2020

Analisis Preferensi, Kepuasaan Dan Loyalitas Konsumen Terhadap Keripik Pisang Dan Singkong Di Sentra Agroindustri Keripik Kota Bandar Lampung

JIIA, VOLUME 8 NO. 1, FEBRUARI 2020

Mengetahui tingkat kepuasaan konsumen dan loyalitas konsumen terhadap produk keripik di kota Bandar lampung.

menganalisis preferensi, kepuasaan dan loyalitas konsumen terhadap keripik pisang dan singkong di sentra agroindustri keripik di Kota Bandar Lampung.

deskriptif kuantitatif dengan kategorisasi.

 

Konsumen keripik pisang dan singkong yang mengonsumsi produk keripik pisang dan singkong berada pada kriteria puas yaitu sebesar 75,24 persen keripik pisang dan 77,46 persen keripik singkong dan merupakan konsumen yang loyal dengan nilai commited buyer sebesar 65,71 persen.

2

Nurul Fajri Indah Lestari

2018

ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN SERTA STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI KERUPUK BAWANG DI KOTA BANDAR LAMPUNG

JIIA, VOLUME 8 No. 3, AGUSTUS 2020

Untuk mengetahui analisis tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen.

mengidentifikasi tingkat kepuasan konsumen, mengidentifikasi tingkat loyalitas konsumen, dan menyusun strategi pengembangan bagi agroindustri.

metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan untuk menganalisis tingkat loyalitas konsumen digunakan piramida loyalitas.

Konsumen KBWP berada pada kriteria puas. Konsumen KBWP adalah konsumen loyal. Strategi pengembangan yang diterapkan adalah jumlah produksi kerupuk ditingkatkan.

3

Dian Sari, Andi Maryam

2020

PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KETERSEDIAAN KERUPUK AMPLANG TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI KABUPATEN SAMBAS

PATANI, Vol. 1, No. 1, FEBRUARI2020

untuk  mengetahui  persepsi harga, kualitas dan ketersediaan produk kerupuk amplang terhadap loyalitas konsumen di Kabupaten   Sambas.

Mengidentifikasi dan menganalisis  persepsi harga, kualitas dan ketersediaan produk kerupuk amplang terhadap loyalitas konsumen di Kabupaten   Sambas.

Metode pengambilan sampel dan analisa data

keseluruhan   harga,   kualitas   dan ketersediaan  kerupuk  amplang  mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen dan hasil  penelitian  harga, kualitas  dan  ketersediaan  menjadi  faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat loyalitas pelanggan

4

Wahyuningsih1 , Muh. Basir Paly2 , Astati2

2016

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK DAN HARGA KERUPUK DANGKE MEREK NURSI DI KABUPATEN ENREKANG (STUDI KASUS DI DESA TALAGA)

JIP Jurnal Ilmu dan Industri Perternakan - Volume 3 Nomor 1 Desember 2016

bagaimanakah tingkat kepuasan konsumen terhadap kerupuk Dangke.

1) Tingkat kepuasan konsumen terhadap produk dan harga kerupuk Dangke di Kabupaten Enrekang, 2) Atribut (elemen) kerupuk Dangke yang diutamakan oleh konsumen.

survei lapangan dengan instrumen pendukung kuisioner. Penentuan jumlah sampel dengan menggunakan rumus Slovin.

: 1) Tingkat kepuasan konsumen terhadap produk dan harga kerupuk Dangke di Desa Talaga Kabupaten Enrekang, konsumen menyatakan sangat puas terhadap atribut kemasan, variasi rasa, dan harga dari produk kerupuk Dangke. Sedangkan konsumen menyatakan puas terhadap atribut rasa dan ukuran dari produk kerupuk Dangke, 2) Konsumen kerupuk Dangke di Desa Talaga Kabupaten Enrekang mengutamakan atribut kemasan, variasi rasa, dan harga dari produk kerupuk Dangke dalam menentukan keputusan pembelian

5

Virekha Yolanda1), Suyono2), dan Irene Kartika Eka Wijayanti3)

2020

ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK KERIPIK SALAK

UMKM SALAK CRISTAL DI KECAMATAN TURI

KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

 

Virekha Yolanda1), Suyono2), dan Irene Kartika Eka Wijayanti3)

menganalisis  kepuasan  konsumen  untuk  membantu  UMKM  Salak  Cristal  dalam  menyusun  strategi  pemasaran  yang  tepat.

Menganalisis  tingkat  kepuasan  terhadap  produk  keripik  salak  pada  UMKM  Salak  Cristal  Kecamatan  Turi,  Kabupaten  Sleman,  Yogyakarta;  2)  Menganalisis  strategi  pemasaran  yang  dapat  dilakukan  untuk  meningkatkan  kepuasan  konsumen  terhadap  produk  keripik  salak  UMKM  Salak  Cristal  Kecamatan  Turi,  Kabupaten  Sleman,  Yogyakarta.

survei, dan metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian  ini  adalah  metode  Non-probabilitysampling dengan  teknik  accidental  sampling

Nilai tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut produk keripik  salak  UMKM  Salak  Cristal  yaitu  berada  pada  kriteria  puas,  2)  Strategi  yang  dapat  diterapkan  yaitu  memperbaiki  beberapa  atribut  yang  harus  ditingkatkan  yaitu  variasi  rasa,  penjualan  online, promosi online, lokasi toko, seragam karyawan, kerapihan karyawan, proses pembayaran, display sesuai jumlah produk, dan label harga produk.

6

KHOTIJATUL JENNAH

2020

PENERAPAN KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN

Rinjani Unitri support OAI 2.0

Apakah kualitas pelayanan ,produk berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap loyalitas konsumen pada UMKM Kripik Tempe Rizki Barokah

Untu mengethui kualitas pelayanan ,produk berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap loyalitas konsumen pada UMKM Kripik Tempe Rizki Barokah

metode penelitian kuantitatif, data yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan populasi yang diambil pada penelitian ini yaitu semua konsumen di UMKM Kripik Tempe Rizki Barokah Di Kota Malang. Pengambilan sampel pada penelitian yang dilakukan ini menggunakan Purposive Sampling dan penganalisisan data menggunakan regresi linier berganda.

pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga mempunyai pengaruh yang signifakan terhadap loyalitas konsumen pada UMKM Kripik Tempe Rizki Barokah Di Kota Malang dengan menghasilkan nilai probabilitas signifikan < 0,05 maka secara simultan variabel kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga sangat berpengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen pada UMKM Kripik Tempe Rizki Barokah Di Kota Malang

7

Rina Rifqie Mariana

2009

PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK KRIPIK TEMPE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi pada Konsumen Kripik Tempe Sanan di Kota Malang)

Media Pendidikan, Gizi dan Kuliner. Vol.1, No.1, November 2009

Mengetahui variabel diferensiasi produk kripik tempe yang terdiri dari kemasan, harga, pelayanan, merk, dan kualitas produk yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen secara langsung ataupun tidak langsung

Mendapatkan variabel diferensiasi produk kripik tempe yang terdiri dari kemasan, harga, pelayanan, merk, dan kualitas produk yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen secara langsung ataupun tidak langsung melalui kepuasan konsumen dalam membeli dan mengkonsumsi kripik tempe Sanan 2. Mengetahui pengaruh secara simultan, secara lansung dan tidak langsung dari diferensiasi produk terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen dalam membeli dan mengkonsumsi kripik tempe Sanan.

Uji Validitas Dan Reliabilitas

Populasi dan sampel

terdapat pengaruh tidak lansung dari diferensiasi produk kripik tempe terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen kepuasan konsumen. Secara kuantitas masing-masing variabel memberikan kontribusi : kemasan ( 33,4 %), kualitas produk (31,7 %), pelayanan (14,8%), harga ( 6,9 %), Satu-satunya variabel yang tidak berpengaruh tidak langsung adalah variabel merk.

8

Dr. Nizamuddin,SE., M.Si

2019

IMPAK  KEPUASAN PELANGGAN, LOYALITAS PELANGGAN DAN KEPERCAYAAN PELANGGANTERHADAPKUALITAS PRODUKSI(Survei pada Pelanggan Kripik Kentang “Mas Boy” Kab. Deli Serdang)

Vol. 11No. 2 Desember 2019ISSN :2088-3145Jurnal ManajemenTools

mengetahui  dan  menjelaskan  pengaruh  Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan dan KepercayaanPelanggan.

Mengetahui Kualitas  produk  berpengaruh  dan  signifikan  terhadap  kepuasan  pelanggan  kripik kentang “Mas Boy”.

2.mengetahui Kualitas  produk  berpengaruh  dan  signifikan  terhadap  loyalitas  pelanggan  kripik kentang “Mas Boy”

3.mengetahui Kualitas produk berpengaruh dan signifikan terhadap kepercayaan pelanggan kripik kentang “Mas Boy”

explanatory  research  (penelitian  penjelasan) dengan pendekatan kuantitatif

Hasil  analisis  jalur(path  analisis) menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar   0,829,   kualitas   produk   berpengaruh   signifikan   terhadap   loyalias   pelanggan sebesar   0,772   dan   kualitas   produk   berpengaruh   signifikan   terhadap   kepercayaan pelanggan  sebesar  0,819.  Berdasarkan  hasil  penelitian  ini  sebaiknya  pemilik  kripik kentang : Mas Boy”  terus menjaga dan meningkatkan kualitas produk mulai dari cita rasa, porsi yang pas, fariasi lauk yang ditawarkan sampai memberikan jaminan halal bagi produk  yang  ditawarkan,  hal  ini  dilakukan  agar  pelanggan  terus  merasa  puas  dan  akan kembali dimasa yang akan datang